ASAL – USUL KATA ONDOAFI


Oleh Pilipus Kopeuw dan Elsa Suebu

Kata Ondoafi dan Ondofolo adalah sebuatan untuk pemimpin adat masyarakat asli Sentani. Kata sudah bertahun-tahun dipahami sebatas itu. Dalam percakapan saya dan istri dengan Bapak Uziel Pallo di rumahnya di BTN Permai Hawai, beliau memberikan penjelasan mengenai perkembangan munculnya kata ‘Ondoafi”. Dinamikan muncul kata Ondoafi bermula dari: pertama, Kata “Ondo-Wa”; kedua, Kata “Ondofolo” dan ketiga: Kata “Ondoafi”, Menurut saya, pemahaman yang benar tentang asal-usul kata Ondoafi bagi masyarakat atau publik perlu sekali dijadikan tulisan sehingga tidak hilang, dan bisa dibaca serta dipelajari dan diketahui oleh generasi Sentani dan juga para pembaca lainnya.

Kata Ondowa berarti debu tanah. Ondowa adalah sebutan bagi kelompok orang-orang pertama yang datang mendiami phuyakha bhu (Sentani). Disebut Ondowa karena kelompok orang-orang pertama yang datang ke Sentani sudah meninggal semuanya, dan telah menjadi debu tanah (Ondowa). Itu sebabnya kelompok orang-orang pertama yang sudah habis generasinya, mereka disebut ‘Ondowa”

Kemudian, ada kelompok orang-orang kedua lagi yang datang ke Sentani. Setelah tiba di Sentani, mereka melihat bahwa tidak ada lagi orang-orang dari kelompok pertama yang masih hidup. Itu artinya, orang-orang kelompok pertama yang datang ke Sentani telah punah. Itu sebabnya mereka menamakan diri mereka “Ondowa Holo na”. Artinya mereka masih termasuk dalam keturunan atau kelompok orang-orang pertama yang datang ke Sentani. Dari latar belakang cerita ini kita bisa memahami asal-mula kata “Ondofolo”. Kata Ondofolo sebenarnya terdiri dua suku kata yaitu “Ondowa” dan “Holo”. Kata Ondo berarti debu tanah, sedangkan Holo berarti rombongan atau generasi. Untuk mempermudah penyebutannya maka Ondoholo disebut On dofolo. Kelompok kedua ini hidup dalam kutuk, karena banyak melakukan hobatan (phulo) dan perbuatan-perbuatan curang dan licik (khelai). Pemimpin kelompok kedua ini disebut “Ondofolo”. Dalam perkembangannya, kelompok kedua ini terpecah dan terbagi ke empat penjuru mata angin. Mereka terpecah karena masing-masing hidup dalam kejahatan. Akhirnya orang yang pertama bernama Rali (seorang laki-laki) pergi ke arah timur. Orang yang kedua bernama Ebung (seorang laki-laki)pergi ke arah Selatan. Orang yang ketiga bernama Wai (seorang laki-laki) pergi ke arah Barat dan orang yang keempat bernama Robong (seorang perempuan) pergi ke arah Utara. Nama Robong ini yang kemudian dipakai untuk sebutan Gunung Robongholo atau Dobonsolo. Dari keempat nama ini akhirnya dipakai sebagai sebutan untuk keempat arah mata angin dalam bahasa Sentani. Keempat nama ini adalah nama “Walobho” atau “Dewa”.

Kemudian datang kelompok ketiga. Mereka tahu bahwa kelompok orang-orang kedua hidup dalam kegelapan dan banyak melakukan kejahatan, maka kelompok ketiga ini tidak mau ikut bergabung atau hidup dalam pengaruh kejahatan kelompok kedua. Lalu mereka menyebut kelompok mereka dengan sebutan “Ondowa hi”. Kata Ondoafi sebenarnya terdiri dari dua suku kata asli yakni “Ondowa” dan “Hi”. Kata Ondo berarti debu tanah. Sedangkan kata Hi berarti lain atau lainnya. Dengan adanya perkembangan, dan kemudahan-kemudahan dalam penyebutan, makanya kata Onda-Hi berubah sebuatannya menjadi Ondoafi. Jadi kata asli dari “Ondoafi” adalah “Ondo-hi” atau debu/abu yang lainnya. Pemimpin kelompok ketiga ini disebut “Ondoafi”.

COMMENTS

Name

Bacaan,1,Budaya,11,Buku,4,Bumi-Manusia,8,Feature,11,Hak Asasi Manusia,3,Hukum,4,Mamta,1,Mob Papua,13,Opini,20,Papua,77,Perempuan,1,Persipura,1,Politik,11,Sejarah,9,Tokoh,5,Video,9,
ltr
item
Love Papua: ASAL – USUL KATA ONDOAFI
ASAL – USUL KATA ONDOAFI
Kata Ondoafi dan Ondofolo adalah sebuatan untuk pemimpin adat masyarakat asli Sentani.
https://4.bp.blogspot.com/-mv7YdPE2P-I/Vs-d5F8bbXI/AAAAAAAABQg/Gp6rnT7L7NU/s640/esther_i5_esther-mwangi-2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-mv7YdPE2P-I/Vs-d5F8bbXI/AAAAAAAABQg/Gp6rnT7L7NU/s72-c/esther_i5_esther-mwangi-2.jpg
Love Papua
https://lovepapuablog.blogspot.com/2016/02/asal-usul-kata-ondoafi.html
https://lovepapuablog.blogspot.com/
https://lovepapuablog.blogspot.com/
https://lovepapuablog.blogspot.com/2016/02/asal-usul-kata-ondoafi.html
true
5130889172609483663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy