Mari Pertahankan Keragaman Budaya Papua




Budayaku, budayamu, budaya bangsa Papua saat ini, sudah terlihat mulai luntur dan terancam punah oleh efek kebudayaan luar yang datang melalui berbagai saluran.

Begitu mudahnya kami menerima semua hal yang masuk dari luar tanpa menyaringnya. Budaya dari luar kini mulai menggantikan posisi budaya atau tradisi yang telah lama mendiami tanahku Papua.

Bagaimana nasib budayaku, jika saat ini kita tidak melestarikannya? Siapa yang mau mengakui dan melestarikannya?

Salah contohnya yaitu, bahasa daerah. Bahasa daerah merupakan bahasa yang seharusnya diturunkan secara turun-temurun, namun adakah kini orang tua yang mau berbicara dan mengajarkan bahasa daerah kepada anaknya? Sayang sekali, lama-kelamaan dengan berjalannya waktu bahasa daerah ini bisa saja tidak diketahui oleh anak cucu kita.


Maka itu, sangat penting untuk kita belajar bahasa daerah.Kita bisa belajar dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Apa salahnya kita berbicara bahasa daerah? Jika bukan sekarang kita belajar, kapan lagi? Dan jika kita tidak mengetahui bahasa daerah, bagaimana kita mau mengajari anak dan cucu kita ke depannya?

Kita lihat saja, kini banyak anak-anak yang sekolah di luar Papua, mengharuskan mereka untuk beradaptasi dengan budaya yang ada di sekitar itu. Baik dari cara berpakaian, bahasa, makanan dan yang lainnya. Tentunya, kita harus menyesuaikan diri dengan semua budaya ini.

Namun, satu hal yang harus kita ingat, janganlah kita melupakan identitas kita sebagai bangsa Papua, rumpun Melanesia yang masih dalam penjajahan. Dominasi dalam nuansa penjajahan begitu kentara, antara lain dengan kurikulum pendidikan yang Jawasentris, yang mengabaikan kearifan budaya lokal milik kita.


Pikir saja. Bahasa di sekolah, di semua tempat umum, kita gunakan bahasa Indonesia baku. Sejarah, kita tidak pernah belajar sejarah Papua. Kearifan lokal, seperti tarian adat, nyanyian adat, cerita rakyat, falsafah hidup dari nenek moyang kita, semua diabaikan di dalam kurikulum Indonesia yang Papua pakai saat ini.

Begitu banyak budaya dan tradisi yang ada di Papua, kini mulai pudar dan lama-kelamaan bisa punah, jika terus terkena sentuhan dari luar, yang datang dari berbagai aspek dan sisi, yang bisa menghilangkan keutuhan budaya tersebut.

Untuk terus melestarikan budaya dan tradisi ini merupakan tugas saya dan anda yang menyadari diri sebagai rumpun Melanesia yang masih dijajah dalam segala lini.

Salah satu cara efektif adalah dengan membuat kurikulum pendidikan berkonteks Papua, di mana keragaman budaya Papua diangkat menjadi pelajaran tetap di dalam pendidikan di Papua.


Melestarikan budaya ini bukan hanya tugas dan kewajiban masyarakat, ada baiknya jika pemerintah juga ikut terlibat dalam hal ini. Misalnya saja, dengan cara diadakannya ivent-ivent yang berbau culture Papua, seperti Festival Budaya, Festival Tari Papua, atau apa pun namanya.

Ini mesti dibuat dengan harapan, terus lestarinya budaya Papua yang kini mulai pudar, bahkan ke depannya semua itu terancam punah.

Ayo, kawan, kita tunjukan kepada dunia bahwa kita berbeda dari mereka, kita juga satu bangsa, bangsa Papua, dari rumpun Melanesia di Pasifik yang hidup di tanah air Papua dengan terus mempertahankan budaya kita yang adalah penanda untuk menunjukkan siapa kita.


*Maria Ferawati Magai, mahasiswi Papua, kuliah di banda Aceh. - Majalah Selangkah

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Bacaan,1,Budaya,11,Buku,4,Bumi-Manusia,8,Feature,11,Hak Asasi Manusia,3,Hukum,4,Mamta,1,Mob Papua,13,Opini,20,Papua,77,Perempuan,1,Persipura,1,Politik,11,Sejarah,9,Tokoh,5,Video,9,
ltr
item
Love Papua: Mari Pertahankan Keragaman Budaya Papua
Mari Pertahankan Keragaman Budaya Papua
Budayaku, budayamu, budaya bangsa Papua saat ini, sudah terlihat mulai luntur dan terancam punah oleh efek kebudayaan luar yang datang melalui berbagai saluran. Begitu mudahnya kami menerima semua hal yang masuk dari luar tanpa menyaringnya. Budaya dari luar kini mulai menggantikan posisi budaya atau tradisi yang telah lama mendiami tanahku Papua.
https://1.bp.blogspot.com/-qyL7ak52q5c/Uo5F7pMUKcI/AAAAAAAAAWI/ECoQgHcrRo8/s640/Budaya+Papua.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-qyL7ak52q5c/Uo5F7pMUKcI/AAAAAAAAAWI/ECoQgHcrRo8/s72-c/Budaya+Papua.JPG
Love Papua
https://lovepapuablog.blogspot.com/2013/10/mari-pertahankan-keragaman-budaya-papua.html
https://lovepapuablog.blogspot.com/
https://lovepapuablog.blogspot.com/
https://lovepapuablog.blogspot.com/2013/10/mari-pertahankan-keragaman-budaya-papua.html
true
5130889172609483663
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy